Sabtu, 12 Juni 2010

Garis besar untuk belajar Land Desktop


Mempelajari Land Desktop pada dasarnya sama dengan mempelajari software lain. Kita musti banyak dan sering bertegur sapa dengannya. Makin sering ketemu, maka makin cepat pula kita bisa  mengenalnya. Namun begitu, tetep bagi yang baru memulai belajar Land Desktop, tentunya perlu memiliki garis-garis besar haluan belajar.
Land Desktop sudah ada sejak tahun 2000an. Saat2 awal saya kuliah. Saat itu namanya Land Development. Namun pertemuan rutin saya selanjutnya dengan LD bukan di kampus. Tapi beberapa waktu setelah lulus. Saat itu saya dipaksa untuk mengenal software pengolah data lapangan yang bisa langsung membuat visualisasi kontur, cross dan long section sekaligus.
Saya dihadapkan dengan Land Desktop.
Beruntung, LD membawa tutorial di dalamnya. Alhasil, dua minggu saya yang intens dengan LD menghasilkan kontur, long dan cross, sesuai permintaan owner.
Sebenernya tulisan ini seharusnya berada di list tulisan2 awal saya ketika nulis di blog ini. berada di tengah2 begini membuat tulisan ini agak tanggung. Namun karena urgen jugasaya pikir gak masalah. Bagi yang baru aja akan mulai belajar, tulisan ini bisa digunain sebage awalannya.
Sebagian besar tahapan2 belajar ini udah saya buat tutorialnya. Masing2 tutorial berdiri sendiri dan gak berhubungan tutorial2 sebelumnya. Jadi rekan sekalian bisa mengakses tutorial manapun yang sesuai kebutuhan tanpa perlu menguasai tutorial yang sebelumnya.
Ok guys, ini dia:
1. Membuat Project baru
2. Editing point
3. Import point
4. Bekerja dengan Terrain model Explorer
5. Membuat kontur
6. Membuat long dan cross section
7. Menghitung volume
8. Membuat dan mengedit alignment
9. Menggambar kurva, spiral dan tangent
Selesai. Dengan menguasai kesembilan langkah tersebut, ditambah dengan pengetahuan lapangan dan civil structure tentunya, anda sudah bisa berkarya sebagai seorang highway engineer yang profesional!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar